3 Software untuk Mengembalikan Data dari Hard Disk yang Terformat


Stellar Phoenix Data Recovery

Saya mulai dengan menggunakan Stellar Phoenix Data Recovery yang pernah saya bahas disini. Setelah selesai di install, scan hard disk pun dimulai, lumayan lama tergantung dari kapasitas hard disk yang akan di kembalikan datanya. 

Saya scan dari drive C, setelah hasil scanan muncul saya mencari cari data yang teramat dan sangat penting (foto dan gambar, Arsip kuliah beserta skripsi hasil 4 tahun bergelut dengan buku dan script program,  software? belakangan aja banyak link download yang bisa dimanfaatkan, mungkin serial number-nya aja kali yah :D)
Ternyata hasilnya kurang memuaskan, file foto dan gambar yang ingin dikembalikan ternyata banyak yang tidak bisa di buka, memang bisa di scan oleh Stellar Phoenix Data Recovery, namun saat dikembalikan file foto dan gambar yang kebanyakan memiliki format jpg/jpeg tidak memiliki preview atau tidak bisa ditampilkan.

EASEUS Data Recovery Wizard Free Edition

 Hmm.. cari software lagi, Kali ini saya coba dengan menggunakan software gratis EASEUS Data Recovery Wizard Free Edition 5.0.1, dengan software ini kita bisa mengembalikan data yang terformat sebesar 1GB (mau lebih? beli donk!, atau pake jurus s***or). Lumayan buat ngembaliin foto-foto saya yang ga sampai 1Gb. Scan data dimulai lagi ...... Lamaaaa.
Selesai scan, coba menulusuri folder tree yang ada di panel sebelah kiri satu persatu, buanyak banget foldernya. Akhirnya ketemu juga file dan folder penting yang dicari.
Dibandingkan dengan Stellar Phoenix Data Recovery, EASEUS lebih memuaskan hasilnya, karena bisa mengembalikan foto dan gambar juga file dokumen ms office word lebih banyak, namun saat saya membuka sebuah file word, ternyata isinya kode-kode yang aneh, bukan tulisan sebagaimana semestinya.

GetDataBack

 Masih belum puas karena masih banyak data saya yang belum bisa dikembalikan. Saya mencoba software ketiga yaitu Get Data Back, scan hard drive kompuer pun dilakukan, dan hasilnya…. Lumayan lebih baik dari kedua software sebelumnya yang saya gunakan. Semua file foto dan gambar yang hilang dapat dikembalikan dengan sempurna.
Tahap kedua mencari folder dokumen-dokumen penting lainnya. File Pdf dan Word bisa dikembalikan meski tidak sempurna dan banyak file yang hilang. Tapi lumayan lah daripada hilang semua tanpa bekas.
Ini pengalaman pribadi, mungkin akan berbeda dengan hasil yang kalian dapatkan saat mengembalikan data yang hilang akibat keformat. Saran saya gunakan semua software yang anda tahu untuk dapat me-recover data anda yang hilang. Jangan puas hanya dengan menggunakan satu software saja .

 



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar